Upwelling-Downwelling (Opini)


Upwelling dan downwelling adalah dua dari sekian banyak fenomena yang terjadi di muka bumi ini khususnya di lautan. Lautan merupakan sesuatu yang sangat kompleks sehingga wajar jika di dalamnya terdapat berbagai macam fenomena alam yang terkadang bermanfaatataupun merugikan.
Upwelling adalah fenomena dimana terjadi naiknya massa air laut dari lapisan bawah yang bertemperatur dingin ke atas. Naiknya massa air tersebut diikuti dengan naiknya nutrien yang terkandung di dalamnya.

Menurut saya, upwelling memiliki beberapa keuntungan diantaranya upwelling dapat menaikan tingkat produktivitas primer di suatu perairan sebagai imbas dari naiknya nutrien dari bagian bawah. Selanjutnya peristiwa tersebut akan mempengaruhi tingkat populasi organisme di perairan tersebut.

Selain dari segi ekologis, upwelling yang terjadi di daerah penangkapan ikan akan berpengaruh kepada segi ekonomis suatu perairan, Hal itu disebabkan oleh tinggiya populasi ikan di daerah upwelling.

Namun, beberapa keuntungan dari upwelling itu, tidak akan didapat bila di daerah tersebut terjadi fenomena alam lain yakni El Nino. El Nino, secara teoritis akan menurunkan efektifitas dari Upwelling karena El Nino mengubah temperatur muka laut menjadi lebih hangat akibatnya proses kenaikan massa air dingin dari lapisan bawah terganggu atau bahkan tidak terjadi.

Hal itu sering dirasakan oleh para nelayan di daerah Ekuator. Karena efektifitas Upwelling berkurang, maka jumlah populasi ikan di daerah tersebut pen berkurang dan akhirnya hal tersebut berimbas pada segi ekonomis perairan tersebut.


JIMY KALTHER
ILMU KELAUTAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS PADJADJARAN
2009

    • noaa
    • Desember 29th, 2009

    ok…nice to see your blog…
    nanti saya coba beri komentar ya…skrang saya hanya melihat dulu semua mahasiswa yang membuat…

    ok

  1. BUNG JIMMY
    aku ingin bertanya…
    keuntungan dari upwelling & downwelling untuk masyarakat pesisir itu apa???
    terusapakah pemerintah sudah memanfaatkan keuntungan tersebut?
    terima kasih bung jimmy…….

  2. seperti sudah saya jelaskan sebelumnya pak rizal, bahwa upwelling itu sangat erat hubungannya dengan produktivitas primer. ketika terjadi upwelling, produktivitas primer meningkat sehinngga jumlah ikan di perairan tersebut pun meningkat. Nah kondisi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir untuk menangkap ikan dan memperbaiki perekonomiannya. begitu kurang lebih.

    untuk upaya pemerintah saya belum terlalu tahu, tetapi proses upwelling itu dapat dideteksi menggunakan satelit dan mengkin saja hal itu dapat diterapkan di Indonesia.
    πŸ™‚

  3. bagu artikelnya..
    tapi ada saatu pertanyaan nih kang Jimmy..

    dari artikel tersebut disebutkan bahwa “upwelling yang terjadi di daerah penangkapan ikan akan berpengaruh kepada segi ekonomis suatu perairan, Hal itu disebabkan oleh tinggiya populasi ikan di daerah upwelling.”
    sedangkan kan dari aktifitas upwelling tersebut sering membawa toxin dari proses outgassing sehingga menyebabkan ikan tidak ada atau mati.
    itu bagaimana ? tolong diperjelas lg !!!

    • begini..
      ssebenarnya kondisi upwelling dan pengaruhnya terhadap suatu perairan itu tergantung pada kondisi perairan itu sendiri. artinya, ketika upwelling terjadi di daerah yang tidak tercemar daan kaya akan nutrient, tentu upwelling akan meningkatkan produktivitas primer dan secara otomatis meningkatkan populasi ikan di daaerah tersebut. Namun, sebaliknya di dasar perairan tersebut banyak mengandung toksik, maka itu akan sangat berbahaya dan menjadi bencana bagi setiap organisme yang ada di daerah tersebut. Jadi, pada dasarnya efek daari upwelling tergantung pada kondisi perairaan itu sendiri. Tetapi yang lebih sering terjadi adalah terangkatnya nutrien dari daasar yang mengakibatkan melimpahnya pasokan makanan bagi fitoplankton dan organisme laut lainnya.
      kurang lebih seperti itu sen..πŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s