ISTILAH-ISTILAH GELOMBANG LAUT


SHOALING

Shoaling adalah proses dimana terjadi kenaikkan tinggi suatu gelombang akibat gelombang tersebut memasuki kawasan perairan yang lebih dangkal. Tinggi gelombang bisa meningkat lebih dari dua kali amplitudo awal. Karena adanya perubahan kedalaman tersebut, maka terjadi perubahan kecepatan gelombang. Kecepatan gelombang tersebut menurun, sehingga berada pada posisi stasioner. Keadaan ini harus diimbangi oleh kepadatan energi yang meningkat. Meningkatnya kepadatan energi inilah yang menyebabkan meningkatnya ketinggian gelombang.

REFRAKSI DAN REFLEKSI

Refraksi adalah perubahan gelombang dikarenakan adanya perubahan bentuk (geometri/morfologi) dasar laut dan perubahan kedalaman laut. Ketika gelombang yang memasuki wilayah perairan pantai, kecepatan  menjalar bagian garis puncak gelombang pada perairan yang lebih dangkal akan lebih kecil dibandingkan dengan garis puncak gelombang pada kedalaman yang lebih dalam. Sehingga garis puncak gelombang akan mengalami pembelokkan sejajar dengan garis pantai.

Proses refleksi terjadi manakala gelombang yang menjalar menuju suatu rintangan dipantulkan sebagian atau seluruhnya. Besar kecilnya gelombang yang mengalami refleksi tergantung pada jenis dan bentuk rintangan.

BREAK WAVE

Gelombang pecah biasanya terjadi di daerah pantai di mana kecepatan gelombang akan menurun karena perubahan kedalaman perairan. Terdapat beberapa jenis gelombang pecah yaitu surging, plunging, dan spilling. Semua jenis tersebut dibedakan oleh dasar perairan tempat pecahnya gelombang.

Gelombang pecah itu sendiri adalah gelombang di mana amplitudonya mencapai tingkat kritis di mana beberapa proses tiba-tiba dapat mulai terjadi yang menyebabkan sejumlah besar energi gelombang untuk diubah dalam turbulen energi kinetik.

LONGSHORE CURRENT

Longshore Current adalah arus susur pantai. Arus yang menyusuri pantai, arahnya sejajar dengan garis pantai. Arus ini dibangkitkan oleh gelombang yang datang dengan sudut yang bervariasi.

RIP CURRENT

Arus balik menuju laut sering muncul di teluk akibat arus sejajar pantai yang berlawanan. Rip current adalah arus yang kuat dan bergerak menjauhi pantai. Arus ini dapat menyapu (menghanyutkan) perenang terkuat sekalipun. Arus inilah yang banyak menyebabkan kecelakaan pada saat berenang di pantai.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s